IMPLEMENTASI LITERASI KEPADA SISWA HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.
Abstract
The study was conducted because interest in reading in Indonesia is still very low in
parallel with other countries in the world. Indonesia is still a long way off. Literacy begins with
abilities in each individual in a community, such asa student in a student's school will have a
pleasure ora passion for reading and writing activity, so that in growth and development
through breeding, development, or learning, such an ability will become a memnet habit. Habits
of reading need to be strengthened by familiarizing students, this has significant meaning in
learning which is aimed at increasing the results of students' learning. To achieve an efficient
habit of reading requires a moderate amount of time that requires excessive exposure, reading
habits must be developed early by students in order to develop high reading habits
References
Ujang Dr. KH. Saefullah, Drs.,M.M.Pd 2008 Psikologi perkembangan dan pendidikan.
Bandung
Nasih Abdullah Ulwan 1992 metodelogi pembiasaan, remaja rosda karya. Bandung
Kamus Besar Bahasa Indonesia 2008. Jakarta. PT Gramedia
Tafsir Ahmad 1995. Prestasi Belajar, Bandung
Sudjana 2002 Metode Statistik, Tarsito. Bandung
Arikunto Suharsimi 2002 Prosedur Penelitian, Rineka Cipta. Jakarta
Arikunto Suharsimi 2006 Prosedur Penelitian, Rineka Cipta. Jakarta
Sudjana Dr. Nana, Dr. Ibrahim, M.A 2014 Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Sinar Baru
Algensindo. Bandung
Dr. Hamdani, M.A. 2011 Strategi Belajar Mengajar, Pustaka Setia. Bandung
Zakiah Daradjat, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, (Jakarta: Ruhama, 1993),
Aat Syafaat; Sohari Sahrani; Muslih, Peranan Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: PT.
Raja Grafindo Persada, 2008), h. 11-16
Abdul Mujib; Jusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidkan Islam, (Jakarta: Kencana Prenada
Media, 2006), h. 71-72
Oemar Hamalik, Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan dan Pelatihan,(Bandung:
PT. Trigenda Karya, 1993), h. 15
Nur Uhbiyati; Abu ahmadi, Ilmu Pendidikan Islam I, (Bandung: Pustaka Setia, 1997),
h.187.
Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Press,
, h. 40
Jalaluddin; Usman Said, Filasafat Pendidikan Islam Konsep dan Perkembangan
Pemikirannya, (Jakarta: PT. Raja Grafindo, 1994), h. 52
M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1993), h. 61
Ahmad Tafsir, Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya,
, h. 9.
Muhammad Chirzin, Permata Al-Qur’an, (Yokyakarta: Qirtas, 2003), h. 239
Abdul Majid dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi,
(Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004),hlm.130.
, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Malang: UIN Press, 2004), hlm. 11
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan,(Bandung : CV Penerbit J-Art,
),hlm. 543
Undang-undang Republik Indonesia No. 2 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,
(Bandung: Citra Umbara, 2003), hlm.3
Team Pembinaa Penataran dan Bahan-bahan Penataran Pegawai Republik Indonesia,
Undang-undang Dasar 1945, p4, GBHN, hlm. 7
Depdiknas Jendral Direktorat Pendidika Dasar, Lanjutan Pertama Dan Menengah,
Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah
Pertama,(Jakarta : 2004),hlm.18
Ahmad Tafsir, 1991. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Dalam Ali, M., Ibrohim,
R., Sukmadinata, N.S., Sudjana, D., dan Rosjidin, W (Penyunting). Ilmu Dan
Aplikasi Pendidikan. Bandung: Pedagogiana Press (Halaman 32)
Nur Uhbiyati, 1998. Ilmu Pendidikan Islam. Pustaka Setia, Bandung
Pangarsa, 1982. Pengantar Kuliah Akhlak. Dalam Ali, M., Ibrohim, R., Sukmadinata,
N.S., Sudjana, D., dan Rosjidin, W (Penyunting). Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan.
Bandung: Pedagogiana Press (Halaman 19)
As-Saefullah: Islmic Education and
Religiuos Studies Journal, Vol. 1, No. 1, (Juni 2022) 14
Ramayulis, 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Dalam Ali, M., Ibrohim, R., Sukmadinata,
N.S., Sudjana, D., dan Rosjidin, W (Penyunting). Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan.
Bandung: Pedagogiana Press (Halaman 56)